Tentang Makmal Pendidikan
Makmal Pendidikan adalah sebuah laboratorium pendidikan yang berusaha menjawab kebutuhan peningkatan kualitas guru dan sekolah dengan aktivitas utama: Riset dan pengembangan; Up grading dan training guru; Konsultan manajemen dan supervisi sekolah; serta Pendamping sekolah potensial.
Latar Belakang
Salah satu faktor pendukung kesuksesan hasil belajar adalah sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana yang paling penting adalah gedung sekolah itu sendiri. Lebih khusus lagi adalah ruang belajar atau ruang kelas. Berdasarkan data Balitbang Depdiknas, 2003,dari 937.500 SD/MI di Indonesia 24,96% dinyatakan rusak berat, sementara dari 206.000 SMP/MTs, 7,42% juga dalam kondisi yang parah.
Namun cerita miris tentang pendidikan Indonesia tidak hanya sampai di situ, karena kondisi di atas juga diperparah dengan kualitas mengajar guru yang masih di bawah standar. Berdasarkan laporan Pusat Data dan Informasi Pendidikan Balitbang Diknas, 2004. Prosentase guru SD/MI yang tidak layak mengajar mencapai 49,3%, sementara untuk tingkat SMP/MTs mencapai 35,9%. Di sisi lain masih banyak fenomena gedung sekolah yang baik namun belum ditunjang dengan kualitas guru yang baik pula.
Berdasarkan permasalahan di atas nampaknya sangat perlu partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan baik sarana/prasarana dan yang utama adalah kualitas pengajarannya.
Untuk itulah Makmal Pendidikan Lembaga Pengembangan Insani (LPI) hingga kini telah aktif membantu masyarakat untuk mendapatkan pendidikan berkualitas melalui berbagai program, di antaranya, menyelenggarakan training, up grading dan workshop bagi para guru serta program pendampingan bagi sekolah yang memiliki potensi untuk dikembangkan.
Deskripsi Lembaga
Makmal pendidikan adalah sebuah laboratorium yang melakukan penelitian di dunia pendidikan. Penelitian difokuskan pada hal-hal yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, terutama menyangkut guru, siswa, interaksi dan pengelolaan belajar. Hasil-hasil penelitian tersebut kemudian di-share ke masyarakat melalui kegiatan training guru dan pendampingan sekolah.
Training guru yang berbasis hasil penelitian ini dirasakan mampu memberikan efek yang signifikan bagi peningkatan kualitas guru. Baik dari ketrampilan mengajar (teaching skill), motivasi, manajemen kelas, pemahaman psikologi pendidikan dan perkembangan, penguasaan berbagai metode dsb. Peningkatan kualitas guru tersebut kemudian berdampak pula pada pengelolaan pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Peningkatan kualitas hasil belajar yang dimaksud adalah daya kreatifitas, penalaran, kearifan sosial dan peningkatan nilai akademik.
Untuk mempertahankan kualitas sebagaimana dipaparkan di atas, maka diperlukan sebuah mekanisme yang mampu membuat guru senantiasa mengaplikasikan segenap kemampuannya secara optimal. Untuk itulah Makmal Pendidikan juga memberikan pendampingan bagi para guru. Program pendampingan ini dilakukan melalui kegiatan workshop untuk mengasah terus berbagai jenis ketrampilan guru, lesson study untuk menciptakan learning community di kalangan guru sehingga memunculkan ketrampilan learning how to learn.
VISI
Memperbesar alternatif sekolah yang bermutu bagi seluruh lapisan masyarakat.
MISI
1.Melakukan penelitian berkelanjutan bagi peningkatan mutu pendidikan dan
pengajaran
2.Meningkatkan kualitas dan Memberdayakan tenaga kependidikan melalui training
3.Meningkatkan manajemen sekolah melalui workshop dan pelatihan
4.Melakukan pendampingan bagi sekolah-sekolah yang memiliki potensi berkembang dan dijadikan model
5.Meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat untuk mendukung program
peningkatan kualitas pendidikan.
Struktur Organisasi
1.Team Leader: Asep Sapa'at, Evi Afifah, dan Rina Fatimah
2.Koord. Pelatihan : Evi Afifah Hurriyati
3.Koord. Pendampingan: Asep Sapa’at
4.Trainer : Agung Pardini, Rina Fatimah
Senin, 05 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar